Mengapa skripsi itu tidak mudah?

Skripsi ialah kata terakhir yang harus diselesaikan oleh seorang mahasiswa S1.

Awalnya ini terdengar mudah. Hingga sebelum memasuki semester 7. Aku melihat orang lain ada yang begitu mudah menyelesaikan perkuliahannya dan ada yang terdengar sulit oleh berbagai alasan.

Salah satunya ialah saya. Saya merasa kesulitan saat ini dalam hal mengerjakan skripsi. Tidak heran bila saat ini saya menuliskannya dalam blog ini... agar rasa frustasi yang saya alami dapat saya bagikan ke media yang tepat.

Sebelum masuk skripsi pasti ada tahapannya.... sebenarnya saya masih belum sampai pada kata ini tapi akan.

Saya saat ini sudah mengajukan judul sesuai persyaratan yang dikembangkan oleh departemen antropologi sosial fisip USU tempat saya kuliah dari tahun ke tahun.

Yang saat ini berlaku ialah.
Mesti lulus 110 sks lalu, mengikuti seminar hasil minimal 5 kali. Saya sudah sampai pada tahapan ini.

Saya pun telah ajukan judul. Anehnya... tidak ada kata acc keluar secara langsung dari ketua departemen... inilah yang membingungkan saya dan terus membuat saya bertanya-tanya siapa yang menjadi dosen pembimbing saya... saya diminta langsung membuat proposal penelitian.

Setelah disuruh membaca sebanyak 2 kali dan akhirnya diminta membuat proposal. Ini saya abaikan karena beberapa alasan yang berasal dari diri saya sendiri yang saya buat-buat demi dan untuk menutupi kemalasan dan ketidakmampuan saya untuk memanajemen diri.

Saya saat ini serasa kehilangan passion dalam mengerjakan ini semua. Beda pada awalnya.

Saya sudah terlalu lama dan berlama-lama dalam masalah yang sebenarnya hanya saya yang dapat memperbaikinya. Saat ini, saya seoalah butuh dukungan. Padahal segala sesuatunya tidak berjalan karena saya memilihnya untuk seperti ini. Ini adalah hal yang tidak baik, seharusnya ini tidak saya lakukan dan saya lakukan.

Sudah saatnya saya bangkit dari mimpin buruk ini dan memperbaikinya... saya pikir langkah tepat itu ya mulai membaca agar saya tau apa ang tidak saya ketahui... saatnya melampaui batas dan keluar dari comfert zone. Yang telah saya buat.

Comments

Popular Posts