PEMBEKALAN PEMBINA RETREAT INTENSIVE GEMA NIAS 2016

Ayat yang direnungkan untuk seminggu ini, ayat ini didapat Bg Iwan dalam doanya.
Yoh. 7:37-38
Dan pada hari terakhir, yaitu pada puncak perayaan itu, Yesus berdiri dan berseru: "Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum! Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup."(TB)
Yes. 61:1-3
Roh Tuhan ALLAH ada padaku, oleh karena TUHAN telah mengurapi aku; Ia telah mengutus aku untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang sengsara, dan merawat orang-orang yang remuk hati, untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan, dan kepada orang-orang yang terkurung kelepasan dari penjara, untuk memberitakan tahun rahmat TUHAN dan hari pembalasan Allah kita, untuk menghibur semua orang berkabung, untuk mengaruniakan kepada mereka perhiasan kepala ganti abu, minyak untuk pesta ganti kain kabung, nyanyian puji-pujian ganti semangat yang pudar, supaya orang menyebutkan mereka "pohon tarbantin kebenaran", "tanaman TUHAN" untuk memperlihatkan keagungan-Nya.(TB)

Jangan takut ketika mendoakan anak binaanmu, kamu diberi kuasa, kamu adalah anak Allah, oleh itu terima dan percayalah padaNya
Yoh. 1:12
Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;(TB)

Ada 9 (sembilan) karunia Roh kudus dan tidak terpaku hanya pada bahasa roh saja. Jadi, sebagai seorang pembina milikilah kepercayaan diri.
Kis. 1:8
Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."(TB)
Tugas pembina di Retreat:
*Mendukung
*Mengarahkan
*Menopang

KESELAMATAN DAN HATI BAPA
#Keselamatan
Ayat pamungkas:
*Rom. 6:23
Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Allah ialah hidup yang kekal dalam Kristus Yesus, Tuhan kita.(TB)
*Rom. 3:23
Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Allah,(TB)
*Rom. 10:9-13
Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Karena Kitab Suci berkata: "Barangsiapa yang percaya kepada Dia, tidak akan dipermalukan." Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan dari semua orang, kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. Sebab, barangsiapa yang berseru kepada nama Tuhan, akan diselamatkan.(TB)

#Hati Bapa
Goalnya:
Mat. 5:48
Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."(TB)
Intinya:
Mengasihi siapa pun tanpa syarat, layaknya Tuhan (Bapa). Oleh itu semua butuh hati bapa. Tidak melulu, hubungan rusak dengan ayah dirumah. Seperti punya Ayah yang otoriter atau Ayah yang gampangan.
Manifestasinya yakni menangis sejadi-jadinya.
Teknis pembina:
Mengarahkan anak binaan untuk berdoa pada Tuhan (Bapa), Jika anak binaan tidak berdoa-konseling-ada ketidakpahaman-ajari kembali-ajarkan pula cara berdoa.
Akhirnya pembina mendukung anak binaan dengan memeluk dari depan sembari meminta maaf mewakili orang tua mereka atau orang yang dibenci.

KESEMBUHAN BATIN DAN GAMBAR DIRI
#Kesembuhan Batin
Tentang trauma-trauma di masa lalu.
Tekni pembina:
Dekap dari samping, lalu taruhkan tangan di hati (cabut segala akar kepahitan, kekecewaan dst.) dan kepala bagian belakang anak binaan (cabut segala trauma, paradigma-paradigma yang tidak benar dst.).

#Gambar Diri
Trauma-trauma di masa lalu, membuat diri merasa tidak berharga.
Rumusnya:
Harga diri yang salah = perbuatan saya + kata orang
Harga diri yang benar = pribadi saya + kata Tuhan.

PELEPASAN 
Goalnya:
Melepaskan kebiasaan-kebiasaan buruk dan roh jahat.
Teknis pembina:
Topang, arahkan dia berdoa, anak binaan yang mengusir roh jahat yang membelenggu dirinya selama ini.
Dan pembina berdoa dan mengatakan kepada anak binaan bahwa tubuhnya adalah bait sucinya Allah. Materaikan itu agar digunakan untuk melayani pekerjaan Tuhan.

Comments

Popular Posts